Desa Pampang Maju Lomba Kampung Iklim

188 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Desa Pampang, Kecamatan Paliyan mewakili Gunungkidul dalam
Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat DIY.

Harapannya Desa Pampang bisa menjadi percontohan desa lain di Gunungkidul untuk bisa menciptakan lingkungkan yang baik.

Kepala Desa Pampang Iswandi mengatakan, di Desa Ekowisata Pampang ini ada beberapa hal yang diperhatikan mulai dari masalah konservasi, edukasi dan rekreasi.

“Dalam hal konservasi kami upayakan yaitu pelestarian burung dengan melarang tidak menembak burung, pelestarian ikan di sungai. Masyarakat semua sebagai satgas yang mengawasi,” kata Iswandi di sela kegiatan penilaian dari tim evaluasi Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat DIY, Rabu (19/09).

Iswandi menghimbau, kepada para perokok untuk tidak merokok di dalam rumah, karena dikhawatirkan menganggu kesehatan anggota keluarga terutama anak-anak.

“Kami menyediakan tempat khusus untuk perokok seperti di pos rondha atau tepian sungai. Masyarakat juga mendukung dengan adanya himbauan itu,” katanya.

Halaman rumah warga yang masih kosong juga dimanfaatkan untuk menanam pohon perindang maupun tanaman sayur dan buah lainnya, guna membuat pekarangan hijau. Pihak desa saat ini juga tengah mengembangkan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Gunungkidul, Agus Priyanto mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak desa.

“Terpenting bukan kepada lombanya, tetapi penyadaran masyarakat akan lingkungan yang harus diperhatikan sehingga masyarakat nanti teredukasi dan termotivasi, desa yang lain juga harapannya dapat mengikuti langkah ini,” katanya.

Agus mengakui, wilayah Gunungkidul memang tidak parah dalam pengelolaan sampahnya, namun hal itu perlu ditingkatkan dengan membuang sampah pada tempatnya, dan pengelolaan sampah dengan pengembangan bank sampah. (Santi)

Related Post