Desa Siraman Belum Bisa Cairkan Dana Desa

222 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pencairan dana desa termin ketiga ternyata belum semua desa mendapatkan dana tersebut.

Terbukti dari 144 desa yang ada di Gunungkidul masih ada satu desa yang belum sesuai dengan persyaratan pencairan.

Hal itu seperti yang terjadi di Desa Siraman, Kecamatan Wonosari. Siraman menjadi satu-satunya desa di Gunungkidul yang belum bisa mencairkan dana desa termin ketiga.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul Subiantoro mengatakan, secara umum proses pencairan ketiga sudah dilaksanakan. Hanya saja, masih ada satu desa yang belum mencairkan.

“143 desa sudah mendapatkan transfer dana desa termin ketiga. Sedang satu desa yang belum bisa mencairkan terjadi di Siraman, Wonosari,” kata Subiantoro, Kamis (15/11/2018) kemarin.

Menurut dia, Desa Siraman belum bisa mencairkan termin ketiga dikarenakan belum memenuhi persyaratan. Untuk bisa mencairkan, masing-masing desa harus memenuhi persyaratan dengan capaian serapan anggaran 70% dan capaian fisik minimal 50%.

“Di Siraman syarat minimal ini belum terpenuhi sehingga termin ketiga dana desa belum bisa ditransfer,” jelasnya.

Subiantoro menuturkan, untuk memaksimalkan penyerapan di Siraman, DP3AKBPMD sudah turun tangan dengan memberikan pembinaan dan pendampingan. Pemkab akan ke balai desa untuk memberikan pengarahan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Kami berikan teknis pendampingan agar penyerapan bisa makasimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat Kepala Desa Siraman, Wasdani mengakui jika desanya belum bisa mencairkan dana desa termin ketiga.

“Hal ini terjadi karena penyerapan di dua termin awal baru sebesar 20%,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post