Desa Tegalrejo Berhasil Pecahkan Rekor Muri

image

Pecahkan Rekor Muri, Warga Tegalrejo Disambangi Pejabat. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Gedangsari –
Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari telah berhasil mencatatkan dua rekor sekaligus ke dalam Museum Rekor Dunia Indonesia yakni membatik pertama lintas generasi dari usia Paud hingga lanjut usia. Satu lagi yang juga masuk MURI yaitu peragaan busana pertama d wana jati.

Hal ini disampaikan oleh Sri Widayati dari MURI pada saat launching Desa Tegalrejo, Gedangsari sebagai rintisan Desa Wisata Budaya, Rabu,(30/08/2017).

“Kegiatan ini sudah memecah rekor dunia, tidak hanya di Indonesia,” kata Sri Widyawati kepada Gunungkidulpost.com.

Dia melaporkan, Gunungkidul bukan kali pertama dalam memecahkan rekor MURI. Tercatat Gunungkidul sebelumnya telah berhasil masuk MURI dengan rekor pembuatan makanan dan minuman dengan variasi terbanyak  berbahan baku ketela yakni mencapai 55 macam jenis makanan. Selanjutnya yaitu rekor pembangunan penampungan air hujan dan sungai dengan cara gotong royong.

“Sajian gatot terbanyak, makanan khas Gunungkidul yakni 2.222 porsi serta pagelaran campur sari secara estafet terlama juga telah masuk dalam MURI,” papar Sri Widyawati.

Dengan dikukuhkannya dua rekor sekaligus pada kesempatan ini, itu berarti Gunungkidul total telah berhasil meraih  6 anugrah piagam penghargaan dari MURI.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah selaku walil dari Pemkab Gunungkidul merasa sangat bangga dengan prestasi yang di tunjukan Desa Tegalrejo.

“Kegiatan membatik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Gunungkidul, ini bisa menjadi ladang bisnis bagi masyarakat yang mau dan mampu untuk terus mengembangkan,” tuturnya.

Bupati berpesan, agar masyarakat terus menggali potensi dan menciptakan inovasi terbaru sebagai upaya untuk terus memajukan Gunungkidul. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post