KIA Diluncurkan, Anak-anak Siap Dapat Diskon

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kementrian Dalam Negeri telah  mengeluarkan Kartu Identitas Anak (KIA). Pihaknya pun terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan agar anak yang memiliki KIA bisa mendapatkan diskon. 

Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Drajat Wisnu Setiawan mengatakan sampai saat ini dari 514 kabupaten/kota, baru 110 Kabupaten/kota yang sudah menerbitkan kartu bagi anak dibawah usia 17 tahun.

“Saat ini baru 110 Kabupaten yang sudah menerbitkan KIA,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (9/6/2017).

Drajat mengatakan KIA bisa memudahkan penggunanya tergantung dengan masing-masing daerah.

Menurut dia Banyak manfaatnya, misalnya anak-anak bisa mendapatkan diskon, dan sudah diatur dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak. Namun demikian, pelaksanaannya ditentukan masing-masing daerag.

“Misalnya Pemkab Gunungkidul bekerjasama dengan toko buku gramedia. Harus ada kerjasama terlebih dahulu, sebelum KIA ini berfungsi untuk kartu diskon,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Eko Subiantoro, menuturkan pemkab Gunungkidul belum menganggarkan pembuatan KIA untuk tahun 2017.

“Tahun 2018 mendatang sudah bisa dilaksanakan. Kita bekerjasma dengan Disdikpora dan dinas kesehatan melalui puskesmas dan rumah bersalin,” katanya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post