Dewan: Disbudpar Tidak Perlu Mengurusi Retribusi Wisata


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul meminta Dinas Pariwisata tidak perlu mengurusi persoalan retribusi wisata yang selama ini menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan.

Anggota Fraksi PKS DPRD Gunungkidul Ari Siswanto menuturkan, usulan dari PKS yang meminta ssupaya Dinas Pariwisata tidak perlu mengurusi persoalan retribusi wisata yang selama ini menjadi tanggung jawab Dinas. Menurut dia untuk mengembangkan pariwisata yang lebih maksimal, diperlukan kinerja dinas yang benar-benar profesional untuk mengembangkan pariwisata. Namun selama ini tugas Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan, tidak hanya mengangkut perkembangan pariwisata. 

“Retribusi wisata ternyata masih dibawah kendali Disbudpar,” tuturnya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (28/8/2016).

Menurut Ari, Dinas Pariwista yang akan berdiri sendiri merupakan dinas yang mengurusi perkembangan dan promssi wisata. Sehingga retribusi menjadi urusan bagian pendapatan.

“Nantinya urusan retribusi haruslah diurusi oleh bagian pendapatan,” tandasnya.

Dia menambahkan,  perkembangan pariwisata yang cukup pesat hendaknya ditangkap sebagai sebuah tantangan pemkab untuk bisa mengelola kepariwisataan dan juga melakukan promosi yang maksimal. Dia berharap kedepan Disbudpar fokus pada perkembangan pariwisata saja tidak usah mengurusi retribusi.

“Lebih baik Dinas Pariwisata mengurusi promosi dan pengembangan. Tidak perlu mengurusi retribusi,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post