Dewan Gerah, Penataan Gedung Serba Guna Siyono Tak Ikut Dilibatkan

449 views


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul kembali kegerahan. Hal itu lantaran perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemkab Gunungkidul tidak dilibatkan. 

Sekretaris Komisi B DPRD Gunungkidul, Arif Wibowo mengatakan, dirinya heran dengan banyaknya material di kompleks gedung Serba Guna Siyono. Setelah dirinya bertanya, katanya mau dibangun untuk pusat jajan atau dikenal dengan istilah food court.

”Saya heran, menyewakan lahan di gedung serbaguna untuk pihak ketiga guna dibangun food court itu alasanya apa,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya, semestinya pemkab memiliki sebuah perencanaan yang jelas. Menurutnya pun pembanguan taman kuliner kini juga masih banyak menyisakan persoalan bagi pedagangnya. Namun hal ini tidak dicarikan solusi, justru memberikan izin pihak ketiga dengan lahan yang cukup strategis untuk dibangun food court.

”Pemkab salah langkah dalam hal ini. Sejak membangun taman kuliner, selalu menyampaikan pada DPRD hal ini untuk menata kawasan alun-alun dan juga menyediakan tempat yang representatif bagi pedagang. Namun kenyataannya, penataan taman kuliner justru semrawut. Hal ini diperparah dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga membangun foodcourt,” tandas politisi PKS ini.

Pihaknya menambahkan, langkah diam-diam yang dilakukan pemkab inilah yang seringkali menyulitkan DPRD menjalankan fungsi sebagai pengawas. 
”Beruntung kami mengetahui sehingga ini menjadi catatan kami juga,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul Edy Praptono menuturkan, lahan tersebut telah disewakan kepada pihak ketiga yang akan dibangun foodcourt. Namun demikian, perkembangan selanjutnya berada di Dinas Perindustrian Perdaganngan Koperasi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

”Pemkab menyediakan lahan dan disewa, terus yang membangun pihak ketiga” bebernya. (Bayu)

Related Post