Diancam Rukamto, Pemkab Menolak Takut

image

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB-PMD) Sudjoko. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengaku siap atas ancaman Kades Dadapayu, Kecamatan Semanu non aktif Rukamto yang akan melakukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB-PMD) Sudjoko mengaku siap jika ancaman Rukamto itu benar dilakukan. Menurutnya sanksi yang diberikan kepada Rukamto masih sesuai dengan aturan.

“Saya sudah dengar kalau dia [Rukamto] mau menggugat ke PTUN. Ya tidak apa-apa dia mungkin mau menggugat karena setelah diberhentikan sementara tidak ada kejelasan,” ujarnya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (11/7/2017).

Menurut Sujoko, memang status Rukamto diberhentikan sementara dengan tenggang waktu 20 hari. Namun memang setelah 20 hari sejak pertengahan Mei lalu belum ada kejelasan. Pemkab masih menimbang apakah Rukamto akan diberhentikan tetap atau tidak.

“Kemarin memang ada usulan untuk pemberhentian tetap setelah 20 [pemberhentian sementara]. Namun setelah kami rapatkan ternyata masih perlu ada yang diklarifikasi dan kalau kalau memang harus diberhentikan tetap, harus ada laporan yang jelas,” jelas Sudjoko.

Namun demikian jika memang Rukamto ingin menggugat ke PTUN. Pihaknya mengaku siap menerima gugatan Rukamto.

“Ya kalau memang mau digugat Pemkab siap saja. Paling nanti kalau gugatan di PTUN dikabulkan minta agar dikembalikan lagi menjadi kades,” cetusnya.

Masalah yang menimpa Rukamto merupakan buntut dari konfik yang terjadi antara dirinya dengan warga. Saat itu warga meminta Rukamto mundur lantaran diduga kuat telah melakukan pungutan liar terhadap sejumlah kepala dukuh

“Warga berkali-kali melakukan aksi, namun Rukamto tak mengelak. Malah Rukamto melaporkan sejumlah warga yang melakukan aksi ke tangan polisi,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post