Dibanding Kambing, Sapi Tetap Jadi Primadona

image

Suasana Di Pasar Hewan Siyono, Playen, Gunungkidul. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Playen – Menjelang sepuluh hari peringatan hari  raya Idul Adha 1348 Hijriah, harga hewan kurban terus meningkat. Kami ini peningkatan mencapai hingga dua kali lipat dibandingkan harga normal.

Dari pantauan di Pasar Siyonoharjo, Kecamatan Playen, Gunungkidul, transaksi mulai meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Tercatat sebanyak 835 ekor sapi dan kambing yang masuk dan pergi dari pasar hewan ini, jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 2 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa yang hanya sebanyak 400 ekor hewan.

Salah seorang penjual hewan, Agus mengatakan, sejak awal Agustus lalu terjadi peningkatan.  Untuk jenis sapi berukuran kecil siap qurban kini dijual dengan harga Rp 9 – 10 juta dari semula hanya Rp 8 juta. sapi siap qurban ukuran sedang dijual dengan harga Rp 15 – 20 juta dari sebelumnya hanya Rp 13 juta. sedangkan sapi berukuran besar dijual dengan harga Rp 25 – Rp 30 juta tergantung ukuran serta jenis sapi.

“Semua memang mengalami kenaikan yang signifikan tetapi tergantung jenis  sapinya,”katanya ditemui di pasar Hewan Siyonoharjo Selasa (22/8/2017).

Untuk kambing siap qurban berukuran sedang dijual dengan harga Rp 1,3 juta – Rp 1,5 juta rupiah dari sebelumnya hanya Rp 800 ribu – Rp 1 juta, sedangkan kambing berukuran besar dijual dengan harga Rp 2 juta – Rp 2,5 juta dari sebelumnya hanya Rp 1,7 juta, sedangkan domba dijual dengan harga Rp 1 juta dari sebelumnya hanya Rp 800 ribu. Pembeli kambing cenderung menurun karena pembeli memilih sapi. 

“Banyak pembeli yang datang dari luar daerah, sebagian besar memilih sapi karena beber (Bisa dibagi-bagi) dibandingkan kambing,”ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post