Diduga Lakukan Pungli, Inspektorat Mulai Audit Desa Monggol

61 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Monggol, Kecamatan Saptosari, Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul mulai melakukan investigasi.

“Saat ini kami masih mengumpulkan data dan fakta yang ada,” Kepala Inspektorat Gunungkidul, Sujarwo kepada wartawan, Rabu (16/5/2018).

Ia mengatakan, terkait adanya laporan dugaan pungli sejumlah perangkat desa sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. Selain itu inspektorat telah menyebar tim untuk terjun langsung kelapangan dan bertemu dengan warga yang merasa dirugikan.

“Semua akan kami lakukan pemeriksaan termasuk warga yang dirugikan setelah itu akan kami lakukan proses audit,” ujarnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan pihak kepolisian masih menunggu laporan audit dari Inspektorat Daerah.

“Kami masih menunggu hasil audit seperti apa,” ucap Ngadino.

Kasus tersebut bermula saat sejumlah warga mencurigai adanya ketidakberesan pengurusan PTSL.

Salah seorang warga, Rajiyo mengatakan ada yang janggal dengan kwitansi pembayaran terkait penyertifikatan tanah tersebut.

“Kami dulu diminta Rp200.000 itu ada kwitansinya, setelah itu diminta lagi Rp400.000 tetapi tidak ada kwitansinya,” bebernya.

Sayangnya warga juga tidak mengetahui uang tersebut untuk keperluan apa saja. Dia hanya berharap kejelasan uang tersebut digunakan untuk apa saja.

“Ya kami hanya ditarik saja tahunya bayar segitu jadi, tapi pihak desa ketika di tanya tidak menjelaskan,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post