Diduga Lupa Mematikan Obat Nyamuk Bakar, Kamar Asrama Ponpes Darul Quran Kembali Terbakar

608 views

Kondisi kamar yang terbakar (Foto : Nena)



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Diduga akibat lupa tidak mematikan obat nyamuk bakar, Kamar asrama putri Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Quran, Ledoksari, Wonosari kembali terbakar, Jumat (7/10/2016). 

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com menyebutkan, ketika itu kamar santriwati dalam kondisi kosong, sebab mereka mengikuti jam pelajaran. Namun, secara kebetulan  pengasuh pondok setempat mencium asap kebakaran. Merasa panik kemudian melakukan pengecekan.

Ketika dilakukan pengecekan ternyata si jago merah sudah membesar di dalam kamar asrama putri dan merambat ke sejumlah kasur. Dibantu warga maupun santri yang lain kemudian berusaha menjinakan api kemudian melapor ke pemadam kebakaran. Tiga unit kendaraan pemadam kebakaran kemudian datang ke lokasi kejadian.

“Untungnya warga setempat segera melapor, sehingga api yang sempat membesar dapat dijinakan oleh petugas,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonosari, Diyono.

Diyono menduga, kebakaran itu diduga terjadi karena obat nyamuk bakar. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan ribu. “Untuk orban jiwa tidak ditemukan, hanya hanya kasur busa, buku tulis dan pakaian,” ujarnya.

Mengantisipasi kebakaran serupa, Diyono menghimbau kepada masyarakat ketika rumah ditinggal pergi agar mematikan peralatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran. “Kalau memang rumah ditinggal alat-alat yang berpotensi itu yang sebaiknya dimatikan terlebih dahulu,” jelasnya.

Sebagai upaya untuk pencegahan lanjut Diyono, dapat dilakukan dengan merapikan instalasi listrik. Selain itu pakaian yang berserakan segera dirapikan, supaya terhindar dari kebakaran. “Bila terjadi kebakaran segera menelepon ke 0274391113,” pungkasnya. (Nena)
 

Related Post