Diduga Serangan Hewan Liar, Puluhan Kambing Warga Mati Misterius

205 views

image

Gunungkidulpost.com – Playen –
Diduga serangan hewan liar yang terjadi di Desa Playen, Kecamatan Playen, puluhan kambing mati secara misterius.

Serangan hewan liar terjadi dalam dua hari terakhir. Adapun lokasi yang diserang terdapat di dua tempat di Desa Playen, yakni Dusun Mojosari dan Bogor II. Total ada sepuluh kambing yang mati secara misterius karena serangan tersebut.

“Lima kambing mati di Dusun Mojosari dan lima lainnya di Dusun Bogor II,” kata Kepala Desa Playen, Surahno, Jumat (15/12/2017).

Dia juga menjelaskan, serangan pertama terjadi pada Kamis (14/12/2017), menimpa kambing milik Sudarto dan Kromowiyarjo di Dusun Mojosari. Sedangkan serangan terkahir pada Jumat dini hari menimpa kambing milik dua warga Dusun Bogor II.

“Dari ciri-ciri serangan di dua tempat ini ada kesamaan. Kambing-kambing yang mati terdapat luka gigitan di bagian leher, perut dan paha,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan masing-masing Kepala Dusun.

Selain itu, warga juga diminta untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap serangan hewan liar susulan.

“Kami imbau kepada warga untuk terus berjaga-jaga sehingga serangan tidak semakin meluas,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Suseno Budi mengakui sudah mendapatkan informasi terkait dengan serangan hewan liar di Desa Playen. Untuk peyelidikan, petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Playen sudah melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi.

“Laporan masuk yang kami terima, di sekitar lokasi kandang memang ditemukan jejak kaki seperti telapak anjing,” kata Suseno. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post