Diduga Tak Berizin, Ormas Segel Pertambangan Batu

28 views

Gunungkidulpost.com – Semin – Diduga tidak berizin, pertambangan batu keprus di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin disegel salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas), Selasa (17/7/2018) siang.

Koordinator aksi ormas yang menamakan diri Masyarakat Pecinta Lingkungan Komunitas Muslim Gunungkidul Yadi Ahmad mengatakan, aksi penyegelan ini sebagai respon dari lambannya pihak berwajib untuk melakukan penindakan bagi aktivitas pertambangan ilegal.

Sebelum melakukan aksi tersebut, pihak ormas telah memantau aktivitas pertambangan ilegal di Gunungkidul. Menurutnya salah satu lokasi pertambangan ilegal dan tidak mau tutup adalah di lokasi tersebut.

“Sebelum ada izin resmi dari pemerintah, untuk sementara saya minta para penambang menghentikan aktivitasnya,” kata Yadi, Selasa,(17/7).

Selain itu, lokasi tambang tersebut dinilai sangat rawan bencana, sehingga pemerintah perlu mengkroscek ulang izin yang akan diberikan untuk lokasi pertambangan.

Sementara itu, salah satu penambang, Eko, menampik adanya penambangan batu ilegal di Dusun Ngentak. Dia menyatakan, aktivitasnya selama ini telah resmi dan berizin.

“Pertambangan ini resmi, izinya Keluar baru kemarin,” kata Eko.

Namun demikian, Eko dia tidak menjelaskan secara jelas kapan izin tersebut turun. Dia juga membantah jika aktivitas penambangan batu keprus ini rawan timbulkan bencana.

“Kalau disini tergolong aman, selama saya menambang tidak pernah ada bencana,” ucapnya.

Eko menjelaskan, pengelolaan pertambangan ini diampu pemerintahan tingkat Dusun Ngentak. Namun dalam praktiknya dilakukan secara perorangan.

Akibat dari penyegelan ini Eko beserta penambang lain belum tahu akan berbuat apa. Saat ini pihaknya masih menunggu penyelesaian masalah tersebut. (Santi)

Related Post