Dieng Mencekam, Puluhan Wisatawan Dilarikan Ke Rumah Sakit

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Banjarnegara – Bencana alam kembali terjadi, kali ini  menerjang kawasan Dieng tepatnya di kawah Sileri, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Minggu, (2/7/2017) siang.

Bencana alam berupa letupan kawah Sileri yang menyebabkan puluhan wisatawan terluka dan harus dibawa ke Rumah Sakit.

Surip salah satu petugas jaga di Pos Gunung Api Dieng menjelaskan bahwa kejadian sekitar pukul 11:30 

“Letupan sebanyak 1 kali dengan ketinggian 50 meter,  membuat kepanikan para wisatawan yang pada saat itu berada di lokasi kejadian,” terang Surip.

Pada saat kejadian pengunjung yg berada di kawah Sileri ada 10 orang dan saat ini sudah di evakuasi ke Puskesmas 1 Batur. Adapun untuk pengunjung maupun warga di minta untuk meninggalkan lokasi.

“untuk area kawah sudah di stirilisasi karena kejadian tersebut berpotensi akan menimbulkan letupan susulan,” jelasnya.

Lebih lanjut Surip menjelaskan, bahwa lahar yang dikeluarkan adalah lahar dingin. Korban letupan (wisatawan) yang berada dilokasi kejadian adalah sebagai berikut Mirotun (30), Ayu Nur Aeni (10), Muzaefah (32)Haromi (55), Heti Handayani (13), Nur Holisoh (24),  Zulfa Yanti (9), Badru Utamam (37), Moh Fidsa Aswa Muzafar (2), Muh Zahromi (50), Mutamimah (31), Siti Hudifah (30), Muainah (44), Toyibah (50), Nurbaiti (12), Cucu Nofalia (26).

Para korban adalah wisatawan asal Pekalongan. Banyak diantara mereka yang mengalami luka lecet-lecet dan terkenal marerial lahar berupa lumpur. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post