Diguyur Hujan, Dua Desa di Patuk Dilanda Longsor

560 views

Ringsek, rumah tertimpa material longsor. (Foto: Istimewa)


Gunungkidulpost.com – Patuk – Bencana longsor kembali kembali terjadi, kali ini melanda dua desa yakni desa Salaman dan Ngoro-oro kecamatan Patuk, Sabtu (8/10/2016). Akibatnya, salah satu rumah tertimpa material longsor.
Camat Patuk, Haryo Ambar mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima sekitar pukul 16.30 Wib, secara kebetulan diwilayahnya dilanda hujan deras, sehingga mengakibatkan bukit setinggi 4 meter longsor menimpa rumah milik Suwarno warga dusun Klegung, Ngoro-oro, Patuk.
“Longsoran tanah itu menimpa teras rumah milik Suwarno, untuk korban jiwa tidak ada,” katanya saat dihubungi, Minggu (9/10/2016).
Haryo Ambar menjelaskan, kerugian matriel yang diderita korban hanya mencapai ratusan ribu rupiah. Menurutnya, selain desa Ngoro-oro, longsor juga terjadi di desa Salaman. Namun, pihaknya yang menerima laporan sudah melakukan evakuasi terhadap longsoran material tersebut.
“Kita sudah melakukan kerja bakti beserta masyarakat setempat, untuk membersihkan puing-puing longsor material,” jelasnya.
Haryo Ambar mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor, sebab intensitas hujan di wilayah Banyumas masih tinggi.
“Masyarakat diharapkan selalu waspada dan siap menghadapi bencana,” pungkasnya. (Nena)

Related Post