Dihantam Ombak, Puluhan Lapak Dan Gazebo Rusak Parah

68 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gelombang tinggi menerjang seluruh pantai selatan Yogyakarta, tak terkecuali di Gunungkidul.

Dampak kenaikan gelombang yang terjadi akhir-akhir ini membuat beberapa fasilitas dipesisir pantai mengalami kerusakan pada Kamis, (19/7/2018).

Surisdiyanto, Sekretaris Satlinmas Wilayah Operasi II Pantai Baron menyampaikan, terjangan gelombang tinggi membuat puluhan gazebo di beberap pantai di Gunungkidul mengalami kerusakan bahkan ada yang hilang terseret arus.

“Beberapa rumah makan dan lapak juga menjadi korban keganasan ombak pantai selatan,” kata Suris kepada wartawan.

Selama lima hari terakhir ini, puncak kenaikan gelombang terjadi kemarin Rabu,(18/7). Puncak ketinggian gelombang mencapai 27,5 fit atau 8 meter. Karena kejadian tersebut, aktifitas di pantai baik para nelayan dan kegiatan olahraga pantai sementara dihentikan.

Disampaikan Suris, beberapa fasilitas pantai yang mengalami kerusakan yakni di Pantai Somandeng, Ngasem, DesaTepus, Kecamatan Tepus. Disana ada 15 gazebo rusak.

Di Pantai Ngandong, Sidoharjo, Kecamatan Tepus juga ada 2 gazebo roboh, 3 lapak rusak dan 4 warung makan mengalami tembok jebol.

Pantai Drini, Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari total ada 5 kapal nelayan rusak, 1 gazebo hilang terbawa arus, 3 gazebo rusak, 1 lapak penjual pakian roboh, 1 sak jaring ikan 20 set milik nelayan hilang terbawa arus.

Pantai Sepanjang, di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, ada 2 gazebo rusak.

“Ini baru data sementara yang kita update pagi ini, semoga tidak ada kerusakan yang lebih banyak,” ujar Suris. (Santi)

Related Post