Dinas Akan Identifikasi Puskesmas Pembantu

100 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Keberadaan Puskesmas pembantu yang tersebar ditiap wilayah kecamatan akan segera di identifikasi. Hal itu mengingat semakin sepinnya jumlah pengunjung.

Untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, akan memetakan kembali Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di sejumlah wilayah di Gunungkidul.

Sekretaris Dinkes, Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka mengatakan pemetaan atau identifikasi tersebut dilakukan untuk melihat, apakah Pustu masih diperlukan atau tidak.

“Semakin berkembangnya waktukan ada sejumlah relokasi puskesamas induk nya. Otomatis juga mempengaruhi keberadaan Pustunya. Apakah perlu dipindah atau bagaimana,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (14/2/2018).

Jika suatu Pustu dianggap masyarakat masih diperlukan diharapkannya dapat dirawat bersama-sama agar dapat terus berjalan. Jika tidak, mungkin akan dicari alternatif lain seperti Puskesmas Keliling atau tetap buka, namun terjadwal dengan pasti baik hari maupun jamnya.

Dia mengatakan saat ini yang masih jadi permasalahan klasik di kesehatan yaitu minimnya tenaga kesehatan. Sehingga tenaga kesehatan yang ada harus efektif dimaksimalkan.

Salah satu Puskesmas pembantu yang akan diidentifikasi yaitu Pustu Karangmojo 2.

“Kami dapat laporan dari Puskesmas induknya, ada usulan dihapus, karena sudah ada Puskesmas induk yang cukup strategis,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post