Dinas Larang Pembangunan Lift Dipasar Argosari

image

(Foto : Doc Gunungkidulpost.com )

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Program pembangunan jalan bagi difabel yang direncanakan akan digantikan dengan lift di Pasar Argosari,Wonosari ditentang oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunungkidul karena dinilai menyalahi aturan.

Kepala DPUPKP Gunungkidul, Eddy Praptono mentang adanya pembongkaran akses bagi para difabel di Pasar Argosari. Dia mengaku belum mendapatkan laporan secara detail mengenahi rencana revitalisai Pasar Argosari. Namun yang jelas, menurutnya akses jalan bagi difabel tidak boleh serta merta dibongkar begitu saja. Pasalnya menurut aturan, semua fasilitas publik harus menyediakan akses bagi para kaum disabilitas.

“Tidak boleh dibongkar begitu saja,” kata dia,” katanya kepada Gunungkidulpost com, Senin (13/3/2017).

Kendati dibongkar dan digantikan dengan lift untuk menunjangan akses bagi kaum difabel, menurut dia harus tetap ada alternatif atau akses cadangan. Sehingga tangga atau ram bagi difabel yang sekarang ada di Pasar Argosari tersebut harus tetap ada, meskipun nantinya di pasang lift.

“Harus ada akses cadangan misal dilakukan pembongkaran, jangan asal main bongkar,” ucapnya.

Menurut Eddy, dia mempertanyakan anggaran Rp500 juta untuk pemasangan lift dan pembongkaran akses difabel tersebut. Pasalnya menurut dia harga lift standart yang layak memerlukan dana lebih dari Rp500 juta. Kecuali anggaran tersebut digunakan untuk memasang lift barang yang memang harganya lebih murah.

“Memang bisa diganti dengan lift barang, tapi itu tidak buat manusia dan tidak layak untuk difabel. Ya menurut saya kalau bisa jangan lah,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post