Dinas Siap Luncurkan KIA???

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul siap menterbitkan Program Kartu Identitas Anak (KIA) yang memang sudah di sosialisasikan sejak tahun 2016 lalu.

Meski sampai saat ini belum terlaksana, lantaran memang blangko belum dikirim dari pemerintahan pusat.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil di Disdukcapil Gunungkidul Drs.Suryanto, MM, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu blangko KIA dari pusat.

“KIA yang di terbitkan untuk usia 0 sampai 17 kurang satu hari ini di harapkan akan menjadikan data lebih akuran untuk pencatatan jumlah kependudukan,” kata Suryanto saat di temui Gunungkidulpost, Rabu (3/5/2017).

Menurutnya, Gunungkidul merupakan salah satu yang menjadi sample dari 50 Kabupaten di Indonesia yang menerbitkan KIA. Dan rencananya setelah blanko di kirim dari pusat KIA akan segera di terbitkan.

“Kami telah mensosialisasikan kepada masyarakat dan juga telah mengadakan pertemuan dengan kepala UPT dan juga guru-guru baik dari Paud maupun TK dan SD, dari 18 Kecamatan di Gunungkidul untuk menyampaikan hal ini,” jelas Suryanto.

Dari jumlah target penerbitan KIA yang di tentukan yaitu 77,5% saat ini disdukcapil telah merekam data dari masyarakat dan telah mencapai lebih dari target yaitu 80% lebih.

“Harapannya blanko dari pusat segera datang, dan KIA bisa segera di terbitkan, karena asalkan data sudah terekam, semua tinggal cetak dan itu tidak memerlukan waktu yang lama,” imbuhnya.

Dengan adanya KIA atau sering masyarakat menyebut KTP anak ini tentu akan lebih mudah dalam melakukan pendataan. (R1)

Posted from WordPress for Android

Related Post