Dinas Siapkan 637 Ton Pupuk Bersubsidi

image

Pendistribusian Pupuk di Gunungkidul.(Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang musim tanam pada musim hujan tahun ini Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul siap mendistribuskan ratusan ton pupuk bersubsidi.

Sejumlah kelompok tani pun diminta segera menebus pupuk bersubsidi agar tidak terjadi penumpukan.

“Mengiat musim tanam pertama pada musim hujan tahun ini akan segera tiba, ratusan ton pupuk bersubsidi dan benih siap didistribusikan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, Munggu (1/10/2017).

Menurut Bambang, Alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Gunungkidul sekitar 637 ton. Sedangkan sekarang yang sudah terdistribusikan sekitar 200 ton.

Untuk rincian pupuk bersubsidi, jenis NPK dialookasikan sebanyak 5.194 ton dan sudah terserap 38% atau 1.985 ton. Jenis SP36 dialokasikan 8.800 ton, sudah terserap 51%. Kemudian ZA 935 ton sudah terserap 461 ton atau 49%. Petrogenik dialokasikan 1.022 ton terserap 193 ton atau 18%. Sedangkan untuk pupuk Urea dialokasikan 10.930 ton, dan sudah terserap 1.282 ton.

“Kami menghimbau kepada para petani supaya Pupuk bersubsidi segera ditebus,” ujarnya.

Bambang menambahkan bahwa pupuk dapat mulai ditebus oleh petani sebagai persiapan musim tanam, saat hujan tiba nanti. Namun demikian pihaknya menyarankan kepada petani agar tidak langsung menanam bibit pada awal hujan September ini.

Oleh sebab itu, pihaknya lebih menyarankan kepada petani untuk melakukan persiapan dengan melakukan pengolahan lahan terlebih dahulu.

“Kami sudah lama membuat surat kepada kelompok tani gapoktan (gabungan kelompok tani) terkait dengan persiapan musim tanam. Semoga himbauan malalui surat segera ditindak lanjuti oleh petani,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post