Dinas Siapkan Anggaran 1 Miliar Untuk Situs Sokoliman

389 views
image

Situs Sokoliman, di Desa Bejiharjo, Karangmojo. (Foto: istimewa)

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Gunungkidul menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk membelli lahan di sekitar Situs Sokoliman, Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo.

Sekretaris Disbud Gunungkidul, Siti Isnaini Dekoningrum mengatakan, berdasarkan prediksi Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (DP2WB) DIY, masih banyak artefak yang masih terkubur di sekitar area penemuan awal. Sehingga pihaknya akan segera mengakuisisi lahan milik warga yang berada di lokasi sekitar penemuan artefak prasejarah tersebut.

“Kami ingin menguasai dulu lahan yang ada di sana,  untuk selanjutnya nanti dapat dilakukan penelitian sebagai bagian dari pengembangan situs tersebut,” katanya kepada Wartawan, Minggu (9/4/2017).

Disbud telah menganggarakan Rp 1 miliar dari dana keistimewaan untuk membeli tanah warga di Dusun Sokoliman II seluas 1.200 meter persegi. Pihaknya juga telah melakukan sosialisai terhadap warga sekitar perihal fungsi dan manfaat dari pengembangan situs tersebut.

“Sekarang baru tahap penilaian tim dan  setelah itu baru tahap pembayaran lahan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Bejiharjo, Yanto mengatakan, masih banyaknya artefak yang terkubur di sekitar lokasi penemuan situs. Sedangkan perihal rencana pembelian lahan oleh Disbud untuk pengembangan Situs Sokoliman, pihaknya malah belum mengetahui. Namun demikian pihaknya mendukung jika memang akan dilakukan pengembangan untuk dijadikan salah satu destiniasi wisata.

“Saya belum tau rencana dinas, namun jika ada alokasi anggaran pembelian lahan sangat kami dukung,” ucap Yanto. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post