Dinas Siapkan Event Gelar Budaya

image

Dinas Saat Menggelar Rapat Koordinasi. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul tebar Dana Keistimewaan (Danais) kepada masyarakat melalui kegiatan budaya. Hal ini merupakan agenda yang masuk dalam kalender event dan rintisan kalender dinas.

Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya, Munawar mengatakan bahwa yang sudah masuk dalam kalender event selama ini ada 25 desa.  Sedangkan untuk rintisan kalender event ada baru sejumlah 20 desa. 

“Ada bermacam-macam kegiatan budaya seperti Sadranan, Larung Sesaji di laut, Rasulan, Kirab Pusaka dan masih banyak lagi yang di danai oleh Danais ini,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (16/5).

Lebih lanjut Munawar menjelaskan bahwa pada intinya kegiatan budaya yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya akan mendapatkan Danais. Dana yang diberikan bukan berupa bantuan uang akan tetapi berupa tampilan atau honor pelaku budaya, yang nantinya langsung akan diberikan pada saat pelaksanaan kegiatan.

“Nanti langsung kami berikan pada pelaksana kegiatan,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Siti Isnaini Dekoningrum, menjelaskan bahwa Gunungkidul untuk tahun ini mendapatkan danais sebesar 35 Miliar. Pada triwulan pertama telah cair sebesar 20% atau 7 Milyar dari total danais sebesar 35 Miliar.

“Dana sebesar itu sebagian basar digunakan untuk pengadaan tanah untuk taman budaya,” jelasnya.

Selain itu dana akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan budaya, seperti festifal ketoprak, reog/jathil dan termasuk kegiatan yang sudah masuk kalender event.

“Nantinya anggaran danais ini akan dipergunakan untuk menggelar berbagai kegiatan seperti gelar budaya untuk menghibur masyarakat,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post