Dinas Terapkan Sistem Zonasi Guru

322 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta akan memberlakukan zonasi bagi guru sekolah seiring dengan adanya zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019.
Namun di Gunungkidul sistem zonasi baru diberlakukan untuk peserta didik saja.

“Untuk di Gunungkidul sistem zonasi baru berlaku untuk peserta didik saja. Sedangakn zonasi guru belum selama ini belum ada informasi yang lebih mendalam,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Disdikpora Gunungkidul, Sri Andari, Senin (29/1/2018).

Menurut dia, sistem zonasi peserta didik sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Dan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang khawatir dengan penerapan zonasi sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019.

“Sistem ini dalam rangka pemerataan wilayah,” ujarnya.

Kendati beredar adanya kabar zonasi guru, ia juga berharap kepada guru di Gunungkidul untuk tidak resah. Hal itu lantaran belum ada keputusan yang resmi dari dinas DIY.

“Kami menghimbau kepada semua guru untuk tidak resah dan fokus dalam mengajar, karena selama ini isu zonasi guru belum final,” papar Sri Andari.

Sementara itu, salah satu Guru Honorer di Wonosari yang enggan disebut namanya mengaku resah dengan adanya kabar bahwa guru akan diberlakukannya sistem zonasi. Jika benar itu terjadi nasib honorer yang berada di wilayah kota akan semakin terjapit.

“Pasti yang diutamakan zonasi guru yang PNS dan keberadaan honorer akan semakin terancam,” tandasnya. (Bayu)

Related Post