Dinas Tuding Website Desa Belum Maksimal

248 views






Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul berharap website desa dapat dimaksimalkan guna memperoleh data kesehatan masyarakat melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunungkidul, Priyanta Madya mengatakan, dengan adanya website desa ini dapat membantu akan keadaan kesehatan masyarakat.

“Setelah data diinput dan diolah sudah bisa dimanfaatkan oleh desa-desa, tujuan kita dana-dana yang ada di desa seperti ADD, dana desa, bagi hasil pajak pendapatan yang rata-rata berjumlah 1,55 Milyar bukan hanya untuk infrastruktur,” katanya kepada wartawan, Kamis (5/4/2018).

Dia menuturkan, dengan program tersebut desa dan puskesmas dapat melihat dengan mudah penyakit apa saja yang ada atau berpotensi. Sehingga desa dapat mengambil kebijakan yang tepat.

“Untuk puskesmas dapat mengetahui masyarakat jika ada penyakit, dapat menangani dengan cepat,” katanya.

Selanjutnya Priyanta mengatakan dengan data yang diperoleh melalui PIS-PK puskesmas dapat jemput bola kerumah-rumah pasien.

“Misalnya ada masyarakat yang mengidap TB, puskesmas dapat memberikan layanannya secara langsung, dan mengintervensi rumah tangga beresiko,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Desa Karangwuni, Rongkop, Sunarno mengharapkan dengan sistem ini dapat mendeteksi dengan cepat potensi penyakit yang ada didesanya.

“Ya kami sangat mendukung sistem atau program ini sehingga dapat diketahui secara gamblang hingga kondisi kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post