Dinsos : Banyak Transmigran Sukses Di Daerah Tujuan

559 views

ilustrasi.net





Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengklaim angka transmigrasi di Gunungkidul cukup memuaskan.Setiap tahunnya jumlah transmigran yang sukses didaerah tujuan semakin bertambah.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan transmigrasi Gunungkidul Dwi Warna Widhi Nugraha mengatakan, pada tahun 2016 kali ini pihaknya sudah memberangkatkan 34 kepala keluarkan yang dikirim ke 5 tempat tujuan.”Adapun lima daerah tersebut Bulungan, Kalimantan Utara; Polewalimandar, Sulawesi Barat; Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan; Musi Banyuasin, Sumatera Selatan; dan Lahat, Sumatera Selatan,” katanya.

Dwi Warna menjelaskan, kouta yang diharapkan pihaknya sebetulnya 40 KK, hanya saja beberapa waktu lalu sempat terjadi permasalahan di kota tujuan sehingga pada tahun ini yang diberangkatkan hanya 35 KK.”para transmigran sudah dibekali ketrampilan untuk mengolah lahan yang diberikan. Setiap KK akan mendapatkan 1,5 hektar lahan yang bisa diolah sesuai dengan kondisi geografis setempat,” jelasnya.

Dwi Warna mencontohkan, transmigran yang berangkat ke Polewalimandar untuk lokasi bercocok tanam kakao dan Musi Banyuasin cocok untuk sawit, maka yang berangkat ke lokasi tersebut akan diberikan pelatihan intensif pertanian tersebut disamping pelatihan dasar pertanian.”Sehingga mereka bisa berkembang disana,” ungkapnya.

Meski begitu, diakuinya terdapat sejumlah transmigran yang kembali ke Gunungkidul karena tidak sukses, meski begitu banyak transmigran yang sukses di daerah tujuan.”contoh Hadi Purwanto warga Karang Gumuk, Karangrejek, Wonosari, yang saat ini menetap di Sunga Ayuh, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan, salah satu transmigran percontohan nasional,” tutupnya.(Maya)

Related Post