Disdikpora DIY Jamin Aturan Berbaju Muslim Di Sekolah Negeri Tak Akan Terulang

192 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Adanya polemik surat edaran SDN Karangtengah III yang menuai kontroversial, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) DIY angkat bicara.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menegaskan bahwa pihak Disdikpora Gunungkidul berkomitmen untuk menindaklanjuti viralnya surat edaran SDN Karangtengah III yang menganjurkan siswanya berbaju muslim.

Selain akan merevisi aturan, kata Aji, pihak Disdikpora Gunungkidul juga berkomitmen untuk menyosialisasikan kepada seluruh Kepala Sekolah Dasar Negeri agar tak mengeluarkan kebijakan yang sama seperti SDN Karangtengah III.

“Jadi Pak Kepala Dinas (Pendidikan) Gunungkidul juga sudah menyampaikan (setelah aturannya diralat) dilanjut dengan sosialisasi kepada Kepala Sekolah yang lain supaya tidak melakukan hal yang sama,” kata Aji saat dihubungi wartawan, Kamis (27/6/2019).

Tak hanya di Gunungkidul, Aji juga yakin Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota di DIY juga berkomitmen untuk menolak kebijakan sekolah yang diskriminatif, termasuk mengenai pemilihan baju sekolah.

“Kalau yang di SMA dan SMK saya setiap kali sudah sampaikan kepada Kepala Sekolah, jadi tidak boleh hal-hal seperti itu (aturan mewajibkan siswa berbaju tertentu) dilakukan,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, surat edaran SDN Karangtengah III Gunungkidul yang mewajibkan siswa barunya berbaju muslim viral di media sosial. Karena menuai kontroversi, akhirnya surat tersebut direvisi pihak sekolah. (Bayu)

Related Post