Disdikpora Himbau Sekolah Jangan Galau!!!

159 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul menghimbau kepada semua sekolah khususnya ditingkat sekolah dasar (SD) untuk tidak resah dengan adanya informasi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tentang delapan mata pelajaran yang diujikan.
Secara resmi pelaksanaan USBN hanya menggunakan tiga mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Sebelumnya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) berencana mapel yang diujikan di USBN SD/MI menjadi delapan. Yaitu Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKN, seni budaya dan prakarya (SBDP), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), serta agama.

Kepala Bidang Paud Dan SD Disdikpora Gunungkidul, Sudia Marsita mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan mata pelajaran yang diuji dalam USBN (ujian sekolah berstandar nasional) jenjang SD/MI hanya tiga.

Rencana awal, ada delapan mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SD/MI yang akan dimulai tahun ini.

“Sudah final dan hanya tiga mapel yang akan diujikan dalan USBN 2018 mendatang,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (10/1/2018).

Dia menuturkan, dengan adanya keputusan tersebut sekolah yang ada di Kabupaten Gunungkidul dimohon untuk tidak resah. Sehingga lebih fokus untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi USBN.

“Kami menghimbau kepada semua SD/MI di Gunungkidul untuk tidak resah menanggapi adanya kabar tersebut. Sekarang sudah jelas dan saya mohon untuk fokus dalam menghadapi USBN mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Pangkah UPT Karangmojo Sularno mengaku sudah mengetahui adanya informasi yang beredar bahwa akan diadakan delapan mapel dalam USBN mendatang. Namun hingga saat ini belum ada informasi secara resmi.

“Secara resmi belum tau, tetapi jika tetap menggunakan tiga mapel ya kami siap-siap saja,” paparnya.

Sularno menambahkan, saat ini di sekolah telah melakukan kesiapan uji coba untuk menyiapkan ujian bagi siswa kelas 6.

“Sudah kami lakukan uji coba dan bedah soal untuk siswa yang berada dibangku kelas 6,” tutupnya. (Bayu)

Related Post