Diserang Hama, Petani Sawi Gagal Panen

426 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Petani sawi di Dusun Wareng, Desa Wareng, Kecamatan Wonosari terancam gagal panen. Pasalnya  sejumlah tanamannya diserang hama. Rabu (26/4/2017). 

Salah satu petani sawi warga Dusun Wareng, Yono mengatakan, serangan hama tersebut menyerang tanaman sawi miliknya yang baru berumur satu pekan. “Hamanya kecil-kecil mirip seperti pinjal, menyerang daun hingga menyebabkan berlubang lalu kering,” katanya.

Sebelumnya tanaman sawi miliknya baik-baik saja. Namun beberapa hari terakhir, sejumlah tanamannya itu diserang hama. Dia menduga hama itu muncul karena adanya musim pancaroba.

“Sebagian terserang hama dan sudah tidak terselamatkan lagi, jadi saya ganti dengan bibit yang baru. Dan kebetulan juga ini memang baru berumur satu minggu,” ungkapnya.

Selain faktor hama, dia menduga sejumlah tanaman sawi miliknya jadi cepat mati lantaran kekurangan air. Pasalnya, selama beberapa hari terakhir intensitas hujan berkurang.”Sekarang yang saya lakukan ya mengantisipasi dengan menyemprot Pestisida pada tanamannya secara rutin,”jelasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post