Diserang Hama Xantomonas, Petani Patuk Gagal Panen

26 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Lahan pertanian seluas 8 hektar di Padukuhan Panjatan, Desa Penggok, Kecamatan Patuk terancam gagal panen.

Pasalnya, tanaman yang ditanam oleh petani setempat diserang hama jenis xantomonas.

“Padi diserang bakteri jenis xantomonas atau yang lebih akrab disebut bakteri kresek sehingga petani gagal panen,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Bambang Wisnu Broto kepada wartawan, Senin (23/4/2018).

Bambang mengatakan, dari total lahan seluas 45 hektar ada 8 hektar yang terserang bakteri kresek. Kejadian ini telah dilaporkan kepada dinas sehingga petugas bergegas untuk melakukan pengecekan di lokasi.

“Menerima laporan dari petani, kami segera menurunkan petugas di lapangan,” ujarnya.

Ia mengatakan indikasi awalnya adalah padi para petani memerah dan mengering, jika dibiarkan padi akan mati, agar serangan bakteri tidak meluas pihak dinas pertanian gunungkidul melakukan penyemprotan.

“Meski terlambat tetapi kami tetap berupaya agar padi tidak mati,” papar Bambang.

Sementara itu, Kepala UPTD BPTP Dinas Pertanian DIY Suparjono mengatakan, dalam penanggulangan bakteri kresek menggunakan obat organik karena jika mrnggunakan pestisida kimia beresiko merusak kualitas padi.

“Kami mengharapkan petani tetap tenang, dan telaten dalam menanggulangi bakteri, petani diminta untuk melaporkan kepada dinas pertanian mengenai perkembangan bakteri tersebut,” ungkapnya. (Susanti)

Related Post