Disnak Gunungkidul Waspadai Penyebaran Penyakit Hewan Qurban

467 views

Ilustrasi.net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Perternakan (Disnak) Kabupaten Gunungkidul akan terus meningkatkan pengawasan kesehatan masyarakat menjelang hari raya Idul Adha, sebab sangat dimungkinkan  warga akan terjangkit penyakit yang diakibatkan oleh hewan ternak yang mereka qurbankan.

“Waspada itu sangat penting, apalagi menjelang hari raya idul adha ini kewaspadaan harus ditingkatkan,” kata Kepala Disnak Gunungkidul Krisna Berlian,belum lama ini.

Krisna mengatakan, walaupun kasus penyakit berbahaya yang disebabkan oleh ternak di Gunungkidul dapat dikatakan sedikit, namun pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat agar jeli dalam memilih hewan ternak.

“beberapa jenis penyakit diantaranya Antraks, cacing hati, pink eye dan scabies (Gudik) yang biasa menjangkiti hewan,” katanya.

Krisna menambahkan, Disnak akan terus berupaya untuk menekan angka penyakit pada hewan, agar kedepannya tidak ada masyarakat yang mengeluhkan terjangkit penyakit yang disebabkan oleh qurban.

“Selain kita akan bentuk posko hewan qurban, kita akan bentuk tim yang akan memeriksa beberapa titik penyembelihan hewan qurban,” pungkasnya. (Maya)

Related Post