Diterjang Angin Kencang, Pohon Asem Londo Tumbang

371 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pohon Asem Londo yang tumbuh di bantaran sungai Besole, Gadungsari, Wonosari tumbang, Sabtu, (10/3) malam. Pohon Asem tumbang lantaran tidak kuat menahan terpaan angin kencang saat hujan.

Didit Dwi Hermana, petugas piket Pusat Pengendalian Oprasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyampaikan, kejadian sekitar pukul 22.30 WIB. Pohon tumbang dan melintang di aliran sungai Besole. Karenanya, aliran sungai menjadi terhambat karena tertutup ranting dan daun pohon.

Karena lokasi cukup sulit, dan harus memotong pohon, petugas BPBD Gunungkidul bersama warga melakukan proses evakuasi pada pagi harinya.

“Paginya, petugas dari BPBD Gunungkidul bersama warga sekitar langsung mengevakuasi dengan cara memotong pohon dan membawanya kedaratan,” jelasnya.

Didit mengungkapkan, pihaknya merasa kesulitan dalam melakukan proses evakuasi. Aliran sungai cukup deras sehingga menyulitkan para petugas.

“Meski sedikit kesulitan, akhirnya pohon berhasil dievakuasi, warga juga telah membersihkan ranting yang menutupi aliran sungai dan kini sudah kembali lancar,” pungkasnya. (Santi)

Related Post