Diterjang Longsor, Dinding Rumah Jumingan Ambrol

222 views

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur wilayah di Kecamatan Nglipar mengakibatkan dinding rumah milik Jumingan warga Dusun Geger RT 08/ RW 04, Desa Pengkol, Nglipar jebol diterjang longsor pada Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 18.40 WIB.

Informasi yang dihimpun, jebolnya rumah Jumingan tersebut akibat terjangan tanah longsor. Bangunan permanen tersebut tak kuasa menahan terjangan longsor dari talud yang berdekatan dengan rumah korban.

Ridwan salah seorang anggota Pusdalop BPBD Gunungkidul mengatakan, hujan deras yang mengguyur diwilayah Kecamatan Nglipar mengakibatkan talud ambrol hingga mengakibatkan rumah warga jebol.

“Kejadian itu berawal dari jebolnya talud jebol hingga mengakibatkan longsor sampai menerjang rumah warga,” kata Ridwan kepada wartawan, Selasa (22/1) malam.

Dia menuturkan, akibat curah hujan yang cukup tinggi dan kontur tanah yang labil terjadi tanah longsor yang mengakibatkan kerusakan rumah milik Jumingan.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materi akibat kejadian itu mencapai Rp 5 juta.

“Kami, Babinsa bersama Babinkamtibmas dan perangkat desa mendatangi dan lokasi longsor dan gotong royong membersihkan material longsoran,” ucapnya. (Santi)

Related Post