Diterjang Longsor, Jalan Penghubung Empat Dusun Nyaris Lumpuh

203 views

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Gedangsari mengakibatkan akses jalan antar dusun yang ada di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, longsor, Selasa (6/3/2018) dini hari.

Longsor membuat separuh badan jalan ambles. Akses warga pun menjadi terhambat.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, kejadian longsor itu terjadi pada Selasa (6/3) dini hari sekitar pukul 24.00 WIB. Saat itu hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah kecamatan Gedangsari dan sekitarnya.

“Tiba-tiba jalan penghubung antar dusun yang terletak tak jauh dari sungai longsor. Bangunan talud yang menahan jalan juga ambrol. Longsor memakan separuh badan jalan sepanjang 20 meter,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gunungkidul, Sapto Wibowo kepada wartawan.

Menurut Sapto, akibat kejadian tersebut, akses jalan yang menghubungkan empat dusun di Desa Mertelu yakni Dusun Mertelu Wetan, Mertelu Kulon, Krinjing dan Maturturu nyaris lumpuh total.

“Hanya kendaraan roda dua yang masih dapat melewati jalan tersebut,” paparnya.

Petugas dan masyarakat pun masih berjaga di sekitar lokasi kejadian. Sapto mengatakan, longsor yang terjadi ini akibat lapisan tanah penahan jalan yang longsor karena tergerus aliran air dari hujan dan aliran sungai yang cukup deras.

“Jalan sementara masih dibuka separuh. Tetapi kami tetap berjaga, karena memang lapisan tanah masih labil, kami khawatir adanya longsor susulan,” bebernya.

Sementara itu, Petugas Asesmen TRC BPBD Gunungkidul, Kusmiyanto, mengungkapkan TRC telah melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian.
Petugas menutup bagian jalan yang longsor dengan kayu sebagai penanda kepada masyarakat yang melewati jalan tersebut.

“Kami sudah memasang penada dengan kayu supaya masyarakat lebih waspada,” tutupnya. (Santi)

Related Post