Diterjang Ombak Besar, TPI Baron Porak Poranda

186 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Gelombang tinggi di kawasan Pantai Selatan pada Jumat (1/12/2017) malam, mengakibatkan kerusakan fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, gelombang tinggi ini sudah terlihat sejak Jumat siang. Namun, puncak gelombang terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 19.00 WIB dengan ketinggian mencapai 15 feet atau sekitar 4,5 meter.

“Sempat tinggi tetapi hari ini sudah normal,” kata Marjono saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Sabtu (2/12/2017).

Menurut dia, dalam peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, akibat terjangan gelombang membuat kondisi Pantai Baron mengalami abrasi sedalam 1-2 meter.

Selain itu, teras di TPI mengalami kerusakan karena terkikis oleh air laut.

“Teras TPI juga ikut rusak karena diterjang gelombang,” ujarnya.

Dari catatan yang dihimpun personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, kerusakan hanya terjadi di dua lokasi, yakni di Pantai Baron dan Ngrenehan. Di pantai Ngrenehan dilaporkan sebuah kapal rusak karena terhempas gelombang air laut.

“Sisanya daerah pantai lain aman terkendali,” ungkapnya.

Minimnya jumlah kerusakan akibat terjangan gelombang tinggi tidak lepas dari antisipasi yang dilakukan oleh anggota Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul.

“Kami bersyukur sosialisasi tentang peringatan dini naiknya gelombang direspons baik. Nelayan pun dengan sukarela memindahkan kapal ke tempat yang lebih tinggi,” tutup Marjono. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post