Dituntut Kualitas Terbaik, Murid SMK Harus Lebih Maju

192 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk meningkatkan kualitas dan berdayasaing di dunia kerja, Kualitas pendidikan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kabupaten Gunungkidul terus digenjot.

Hal tersebut dikemukakan oleh Pelaksana tugas Balai Menengah (Dikmen) Kabupaten Gunungkidul, Wasidi, Minggu (18/11/2018).

Ia mengatakan upaya tersebut terus dilakukan lantaran perkembangan kabupaten Gunungkidul cukup signifikan, dimana para siswa tidak hanya dibekali dengan kemampuan untuk bekerja akan tetapi juga berwirausaha.

“Sehingga angkatan kerja tidak harus melangla buana, namun dapat berekspresi di daerah asal. Misalnya saja, beberapa sekolah telah memiliki jurusan yang berhubungan dengan kepariwisataan seperti tata boga, perhotelan dan jurusan lainnya,” katanya.

Pihaknya juga selalu mendorong sekolah agar memiliki hubungan dengan perusahaan-perusahaan.
Hal tersebut dimaksudkan agar para lulusan SMK dapat terserap di dunia kerja baik di dalam daerah atau di luar daerah.

Terbukti dari dorongan yang diberikan ini, hampir secara keseluruhan SMK negeri/swasta di Gunungkidul telah menjalin hubungan kerjasama di perusahaan atau industri besar.

“Lulusan SMK Juga tidak hanya diarahkan untuk bekerja, tetapi kami juga mendorong agar lulusan SMK dapat membentuk usaha sendiri, dengan demikian daerah bisa lebih maju,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post