Dorong Minat Masyarakat Melalui Festival Cokelat

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dikenal sebagai salah satu daerah penghasil cokelat terbaik, Gunungkidul menggelar Festival Cokelat 2018. Festival ini digelar di Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Minggu (30/9/2018).

Ratusan orang yang hadir antusias ingin menikmati minum cokelat bareng secara gratis. Selain itu dalam festival cokelat ini melibatkan belasan UMKM pengolah cokelat terbaik di Gunungkidul.

“Festival ini adalah yang pertama di tahun 2018 ini yang bertujuan untuk mengenalkan cokelat asli Gunungkidul kepada mayarakat,” kata salah seorang Panitia Penyelenggara Asmono Wikan saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Menurutnya, Gunungkidul mempunyai potensi budidaya kakau yang mampu menghasilkan cokelat yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Terbukti bahwa biji cokelat yang ditanam oleh para petani mampu diekspor hingga ke luar negeri.

“Biji cokelat banyak yang diekspor ke luar negeri,” papar Asmono.

Asmono menuturkan, meski biji cokelat mampu menembus ke pasar internasional namun minat mengonsumsi cokelat masih minim. Untuk itu pihaknya terus mendorong masyarakat membudayakan dan mengonsumsi cokelat sehingga dengan gerakan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen cokelat yang ada di Gunungkidul.

“Harapan kami dengan adanya gerakan mengonsumsi cokelat ini mampu meningkatkan konsumen cokelat,” turur dia.

Sementara itu, salah seorang warga Wonosari Dewi mengaku antusias mengikuti festival cokelat 2018 ini. Dia memilih membeli cokelat buah dan batang lantaran paling disukainya dibanding dengan produk cokelat lainnya.

“Sangat senang bisa menikmati cokelat dalam festival ini dan saya membeli dua jenis cokelat yakni cokelat buat dan cokelat batang,” ucap Dewi. (Bayu)

Related Post