Dorong Sistem Kesehatan Pro Rakyat, IDI Gelar Aksi Damai

692 views

Aksi peringatan Hari IDI. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan peserta yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar aksi damai di Gedung DPRD setempat, Senin (24/10/2016). Aksi tersebut dilakukan untuk mendorong reformasi sistem kesehatan yang pro rakyat.

Pantauan Gunungkidulpost.com menyebutkan,  aksi damai peringatan hari IDI ke 66 diikuti sekitar 50 perwakilan dokter dari seluruh Gunungkidul. Mereka kemudian berjalan kurang lebih ratusan meter dari kantor Dinas kesehatan menuju Gedung DPRD. 

Sesampainya di depan gedung DPRD, mereka menyanyikan lagu Indonesia raya diikuti dengan hipne lagu IDI. Selanjutnya masuk ke Ruang Rapat Paripurna DPRD untuk Audensi Dengan Ketua DPRD.

Ketua IDI Gunungkidul, Dr Eko Darmawan mengatakan, jika aksi yang dilakukan para anggota IDI ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap pelayanan kesehatan dari segi pembiayaan maupun kebijakan bagi masyarakat saat ini dinilai masih belum maksimal. Untuk itu diperlukan payung hukum bagi profesi dokter yang sering bersinggungan dengan jiwa pasien.

“Dokter bukan hanya tenaga  medis saja, melainkan peran dokter juga pengambilan kebijakan di bidang kesehatan,” katanya.

Sementara itu dalam audiensinya di Gedung DPRD, Koordinator aksi, Dr Bintang Berlian menyampaikan beberapa poin penting agar disampaikan kepada DPR RI yakni, mengenai pembenahan sistem yang akan selalu pro dengan rakyat baik dalam kebijakan dan kompetensi yang profesional. Sistem jaminan kesehatan nasional pada setiap pasien penanganan sesuai profesi. Selain itu, juga layanan sarana prasarana yang mendukung.

“Persediaan sarana dan prasaran yang kurang memadai untuk menyelamatkan pasien beresiko tinggi, sehingga perlu regulasi yang tepat demi menghindari ancaman pidana,” jelasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengatakan, pihaknya akan mempelajari dan menindak lanjuti hasil audensi tersebut. Pelayanan kesehatan masyarakat akan menjadi perhatian para dokter dan didampingi dengan manajemen yang baik.

“Apa yang di sampaikan dari IDI akan segera di bawa ke Jakarta oleh komisi D dan saya siapa mendampingi. Intinya kita buat pelayanan terbaik,” pungkasnya. (Nena)

hariidi idigelaraksidamai

Related Post