DPRD Minta Aktivitas Peternakan Di Pacerejo Dihentikan

204 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Gunungkidul meminta memberhentikan sementara aktivitas peternakan PT Widodo Makmur Unggas yang ada di Desa Pacarejo, Semanu.

Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Kursiswanto mengatakan jika izin memang belum dapat sebaiknya aktivitas peternakan PT Widodo Makmur Unggas diberhentikan terlebih dahulu.

“Perusahaan berbentuk PT izinnya harus benar-benar ada, ini bukan peternak rumahan tetapi memang peternakan besar,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/9/2018) sore.

Pihaknya akan segera lakukan pengecekan terhadap izin dan dampak sosial yang ditimbulkan oleh adanya pembangunan peternakan ayam di kawasan Geopark Gunung Sewu.

Selain hal teknis tersebut dirinya mengatakan bahwa unsur sosial juga harus diperhatikan bagaimana nanti dengan adanya peternakan didaerah Desa Pacarejo.

“Kami akan cek ke lokasi, apakah lokasi ini layak ditempati sebagai kawasan peternakan atau tidak. Tetapi yang pasti kami minta aktivitas dihentikan harus berhenti dulu,” ujar Demas.

Sementara itu ahli Geologi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Wahyu Wilopo mengatakan kawasan karst berbeda dengan kawasan lainnya disekitar Yogyakarta untuk itu perlu kehati-hatian dalam memberikan izin.

Pihak pemberi izin harus berani menjamin bahwa tidak akan terjadi pencemaran jika nantinya diberikan izin beraktivitas.

“Kawasan karst mempunyai karakteristik karena air dari permukaan tanah lebih mudah untuk larut kedalam tanah, menurut saya ya hati-hati jangan asal memberikan ijin,” jelas dia. (Bayu)

Related Post