DPRD: Perda Parkir Harus Ditunjau Ulang

18 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
DPRD Gunungkidul meminta rancangan peraturan daerah (raperda) terkait perparkiran harus ditinjau ulang.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto mengatakan peraturan perparkiran harusnya ada peninjauan kembali. Hal ini mengingat perkembangan dinamika zaman dengan makin bertambahnya jumlah kendaraan di Gunungkidul.

“Makin berkembangnya zaman beriringan dengan bertambahnya masyarakat yang memiliki kendaraan. Alhasail risiko rusak atau hilang saat memarkir kendaraan jika tak ada aturan yang jelas terkait ganti rugi,” kata Purwanto, Selasa (7/8/2018).

Purwanto menyarankan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul perlu segera bertindak dengan mengadakan kerjasama melalui pihak ketiga dalam hal ini perusahaan asuransi.

Dia menambahkan adanya kerjasama dengan pihak asuransi ini segala kerugian bisa ditanggung asuransi yang bersangkutan tersebut.

“Memang nanti tarifnya [parkir] akan bertambah sedikit, contohnya saat ini minimal Rp1.500 menjadi Rp2000 untuk tarif mobil. Tapi kan kalau sudah ada yang menanggung ganti rugi semuanya justru nyaman,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dishub Gunungkidul, Syarief Armunanto sebelumnya menjelaskan dalam raperda perparkiran akan mencantumkan sanksi untuk para jukir liar. Penambahan itu dilakukan sebab di Perda lama nomor 7/2011 tentang penyelenggaraan perparkiran di Gunungkidul belum mencantumkan sanksi bagi jukir liar.

“Tarif berbayar per jam juga akan kami atur. Jadi siapapun yang mengelola parkir harus sesuai aturan,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post