Drainase Tidak Bekerja Maksimal, Dusun Rejosari Langganan Banjir

470 views

Foto : Istimewa


Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Intensitas hujan tinggi yang terjadi dalam sepekan, menyebabkan bencana banjir di dusun Rejosari, Kemadang, Tanjungsari. Genangan air hujan yang masuk ke rumah warga setempat disebabkan karena sampah menutup drainase.

Kepala Desa Kemadang, Sutono mengatakan, jika hujan yang terjadi selama sepekan ini mengakibatkan salah satu rumah di wilayahnya terendam banjir. Air luapan dari drainase itu merendam rumah setinggi 20 cm. “Di dusun Rejosari memang letak daerahnya berada didataran rendah. Sedangkan drainasenya kurang lancar, karena banyak sampah yang menumpuk,” katanya, Sabtu (15/10/2016).

Untuk mengantisipasi banjir itu terjadi lagi, Sutono sudah melakukan pengecekan dan pihaknya menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dusun setempat. “Perilaku warga setempat untuk menjaga kebersihan memang sangat diperlukan, mengingat kondisi drainase dusun setempat kurang memadahi,” jelasnya.

Sutono menjelaskan, pihaknya nanti akan menganggarkan pembuatan drainase baru di APBDes 2017. Rancangan tersebut saat sudah masuk draft untuk diajukan. “Nanti akan kita dianggarkan untuk perbaikan, karena memang selokan itu kondisinya juga sempit dan kurang dalam juga,” ujarnya.

Disamping itu lanjut Sutono, banjir paling parah terjadi di SMK Tanjungsari dan SMP N Tanjungsari. Sebab diwilayah tersebut terdapat kerukan tanah yang dalam, sehingga sering terjadinya banjir. “Di luweng (kerukan tanah) itu memang banyak sampah yang teraliri air hujan, sehingga aliran selokan  banyak yang berwenang,” paparnya.

Sutono mengaku kesulitan untuk mengatasi hal tersebut, sebab pihak dibutuhkan biaya yang cukup banyak. Untuk itu, diperlukan peran serta pemerintah setempat. “Butuh kerjasama dengan pemerintah daerah supaya banjir di wilayah itu dapat teratasi,” pungkasnya. (Nena)

Related Post