Dua Destinasi Wisata Jadi Barometer Dunia

image

Bupati Gunungkidul Badingah Saat Ditemui Gunungkidulpost.com (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarkat, Pemerintah kabupaten Gunungkidul terus mendorong pengelolaan desa wisata yang lebih profesional.

Tercatat selama ini sudah dua desa wisata yang mampu menjadi juara baik tingkat internasional maupun nasional.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan pihaknya terus mendorong agar pengelolaan desa wisata profesional. Saat ini  memiliki prestasi pertama desa wisata Nglanggeran menerima penghargaan di ASEAN CBT (community based tourism ) Award Tahun 2017, dan desa wisata Bleberan yang memperoleh penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan penghargaan desa wisata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk desa wisata Bleberan, Kecamatan Playen.

“Kami berharap dua desa ini menjadi contoh bagi desa lain untuk mengelola potensinya,”katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (30/5/2017).

DIa mengatakan, engan potensi yang ada di desa harus bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu Pemkab Gunungkidul akan memberikan bantuan kepada desa wisata untuk terus berkembang. Mulai dari perbaikan infrastruktur hingga pendampingan dalam pengembangannya. 

“Pemberdayaan masyarakat paling utama, jangan hanya dimanfaatkan segelintir orang,” bebernya.

Sementara itu Ketua desa Wisata Bleberan, Tri Harjono mengungkapkan dalam pengelolaan desa wisata pihaknya melibatkan seluruh masyarakat. Baik yang terlibat dalam BUMDEs ataupun tidak langsung.

“Semua masyarakat berperan dalam pengelolaan desa wisata bleberan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post