Dua Hari, Pendapatan Pariwisata Tembus Rp 805 Juta

Suasana Pantai Sepanjang Dimomen Pergantian Tahun. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah wisatawan yang hadir di Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (31/12/2017) hingga Senin (1/1/2018) mencapai 99.520 pengunjung.
Hal itu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Pendapatan selama dua hari tersebut mencapai Rp 805.302.500.

Sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (31/12) mencapai 36.858 orang. Sedangkan pada Senin (1/1) mencapai 62.662 orang.

Hal itu terjadi peningkatan lonjakan pengujung di momen libur pergantian tahun 2018 ini.

“Dibanding hari Minggu, pendapatan pada hari Senin meningkat dua kali lipat,” kata Hary kepada Gunungkidulpost.com.

Dia menuturkan, penghasilan dalam kurun waktu dua hari tersebut mencapai Rp 805 juta. Sehingga dengan adanya penambahan ini, pihaknya telah mencapai target PAD yang telah ditentukan pada 2017 kemarin.

“Kami yakin target tercapai, dan besok kami lakukan kordinasi dengan pihak yang lain,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengaku yakin perkembangan pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul akan semakin meningkat. Namun peningkatan tersebut harus didukung oleh semua pihak.

“Mari kita dukung perkembangan pariwisata ini. Jangan sampai rapot yang sudah baik diciderai oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan membuat pariwisata kita menurun,” bebernya.

Menurut Badingah, pelayanan terhadap wisatawan haruslah diutamakan dan dijaga dengan baik. Sehingga mari kita buat senyaman mungkin wisatawan yanv berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Gunungkidul.

“Jangan memakai aji mumpung, harga produk kerajinan, kuliner, jasa periwisata, dll harus kita buat dengan terjangkau. Jangan hanya main pukul saja, itu akan merusak citra pariwisata,” tutupnya. (Bayu)

Related Post