Dua Kecamatan Jadi Fokus Pengentasan Kemiskinan

255 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dua Kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul menjadi fokus pengentasan kemiskinan.

Dua Kecamatan tersebut yaitu Gedangsari dan Saptosari.

“Gedangsari dan Saptosari, persentase kemiskinan sangat tinggi, dan ketimpangan pendapatan juga sangat tinggi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanta, kepada wartawan, Sabtu (24/3/2018).

Pemkab mengintensifkan penanggulangan kemiskinan, meskipun angka kemiskinan masih tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per 1 Maret 2017, kemiskinan di Gunungkidul turun 0,69 persen.

“Kami harapkan penanggulangan kemiskinan hasil koordinasi dengan Pemda DIY, ada penetapan kawasan prioritas penanggulangan kemiskinan. Penetapan percepatan penanggulangan kemiskinan di Gedangsari dan Saptosari,” paparnya.

Sri Hartanta mengatakan konsep penanggulangan kemiskinan ini tidak mungkin merata, tapi mengambil berdasarkan prioritas, sehingga diambil dua Kecamatan Gedangsari dan Saptosari.

Hasil pemetaan Pemda DIY kemiskinan di Gunung Kidul ada tujuh kecamatan dengan tingkat kemiskinan sangat tinggi, yakni Gedangsari, Saptosari, Playen, Tepus, Girisubo, Nglipar, dan Semin.

“Ke depan, pemkab akan membenahi akses jalan antardesa, dan mengintensifkan program bedah rumah, dan jambanisasi,” ungkapnya. (Santi)

Related Post