Dua Kecamatan Rawan Miskin

258 views
image

Potret Kemiskinan. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hingga saat ini masih terdapat dua kecamatan yang ada di Gunungkidul yang masuk dalam peta rawan kemiskinan. Oleh sebab itu, Pemkab mulai mengambil langkah dengan meluncurkan program pemberdayaan masyarakat.

Kepala Bappeda Gunungkidul Sri Suhartanta (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) mengungkapkan ada dua kecamatan yang saat ini masih masuk dalam peta rawan kemiskinan.

“Yaitu kecamatan Gedangsari dan Saptosari, disana memang kantong kemiskinan di Gunungkidul, sehingga saat ini pembangunan diprioritaskan di dua kecamatan itu,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (15/11/2017).

Menurut dia, dua kecamatan tersebut masih dalam proses identifikasi kegiatan untuk kawasan, dan pendataan dilapangan terhadap permasalahan yang ada oleh pendamping desa.

“Dan mungkin langkah-langkah untuk memecahkan permasalah yang ada disana, tapi pemerintah juga sudah mengarahkan program-program ke kedua kabupaten tersebut,” bebernya.

Program yang diarahkan adalah jambanisasi, karena menurutnya memang faktor kemiskinan bisa disebabkan oleh aspek lingkungan, dan mengingat di dua kecamatan tersebut masih ada masyarakat yang belum memilki akses sanitasi yang layak.

“Kedepan ini pemerintah mempunyai program untuk tangki septik, jadi sebagai pelengkap dari jamban, dan ini tingkatannya per rumah tangga,” tuturnya.

Kemudian, pemberdayaan masyarakatpun sangatlah diperlukan untuk menuntaskan kemiskinan yang selama ini terjadi, oleh karena itu masyarakat dididik untuk bisa mengembangkan kawasan-kawasan wisata disana.

“Kita lakukan pemberdayaan masyarakat, bagaimana cara mengembangkan kawasan disana untuk pariwisata, dan membuka destinasi-destinasi wisata baru, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat disana,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post