Dua Murid SD Kemadang Sabet Juara Lomba Bercerita

199 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Nur Sakina Salsabila dan Dhiva Candry Ariscaputri siswi kelas 5 SDN Kemadang, Kecamatan Tanjungsari berhasil mengharumkan nama sekolahnya. Keduanya berhasil meraih juwara 1 dan 3 dalam ajang perlombaan bercerita tingkat SD/MI yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Selasa, (27/8/2019).

Dalam perlombaan tersebut, cerita ‘Asal Usul Gunung Gentong’ akhirnya mengantarkan Nur Sakina menjuarai tingkat kabupaten disusul Dhiva Candry yang berhasil meraih juwara tiga dengan membawakan cerita ‘Nyi Roro Kidul’.

Tri Widyayanti, S. Pd selaku guru pembimbing dari SDN Kemadang menyebutkan, kedua anak didiknya telah berhasil menyingkirkan kontestan lainnya dari 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul.

“Ada 58 peserta yang turut mendaftar dalam ajang perlombaan ini, dari jumlah tersebut dilakukan audisi untuk diambil 10 finalis terbaik,” terangnya.

Tri berharap, dengan adanya event lomba berceŕita ini diharapakan mampu memotivasi dan menumbuhkan minat baca siswa sehingga anak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Selanjutnya, untuk maju tingkat selanjutnya yakni provinsi, kami akan membimbing siswa lebih intens dan semaksimal mungkin, karena persaingan ditingkat propinsi tentu semakin berat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridlo menyampaikan, bagi pemenang dari lomba bercerita ini, akan mewakili kabupaten Gunungkidul dalam lomba bercerita tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Harapan agar minat baca atau budaya membaca anak bisa tumbuh, dan melalui lomba bercerita diharapkan juga akan menumbuhkembangkan kecintaan anak akan budaya daerah,” ungkapnya. (Santi)

Related Post