Dua Opsi Perubahan Dapil Telah Diusulkan Ke KPU DIY

110 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dua pilihan untuk daerah pemilihan (Dapil) yang akan dipergunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang telah diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul ke KPU DIY.

Dua usulan tersebut yakni Daerah Pemilihan A dan Daerah Pemilihan B yang merupakan usulan melalui berbagai pembahasan dan uji publik yang telah dilakukan oleh KPU Gunungkidul.

“Kami serahkan usulan dapil yakni Dapil A dan B kepada KPU DIY. Kemudian KPU DIY akan menyerahkan ke KPU RI,” kata Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan, Jumat (16/2/2018) kemarin.

Dapil yang diserahkan yakni Dapil A yang tersusun dari Dapil I (Semanu, Wonosari, Playen) disedaiakan 12 kursi, Dapil II (Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen) 9 kursi, DapilIII (Semin, Karangmojo, Ponjong) 10 kursi, Dapil IV (Tepus, Rongkop, Girisubo, Tanjungsari) 7 kursi, Dapil V (Saptosari, Paliyan, Panggang Purwosari) 7 kursi.

Sementara untuk Dapil B, Dapil I (Wonosari, Playen) 9 kursi, Dapil II (Patuk, Gedangsari, Nglipar, Playen, Ngawen) 8 kursi, Dapil III (Semin, Karangmojo, Ponjong) 10 kursi, Dapil IV (Semanu, Rongkop, Girisubo, Tepus) 9 kursi, dan Dapil V (Panggang, Paliyan, Tanjungsari, Saptosari, Purwosari) 9 kursi.

Zaenuri mengatakan, KPU DIY akan melakukan hasil uji publik penataan dapil DIY yang dilaksanakan pada 22 Februari mendatang, baru kemudian KPU RI yang akan menetapkan daerah pemilihan.

Dapil yang akan dipilih diperkirakan dapat ditetapkan pada 6 April mendatang.

“KPU Gunungkidul tinggal menunggu penetapan dari KPU Pusat,” paparnya. (Bayu)

Related Post