Tiga Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi

297 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pelaku pengedar narkoba jenis trihexpenydil akhirnya berhasil dibekuk tim Satresnarkoba Polres Gunungkidul, Selasa, (23/01/2018).

Kasat Resnarkoba AKP Riko Sanjaya, SH, SIK, menjelaskan, penangkapan berawal saat melaksanakan patroli kewilayahan. Sesampainya di Jl.Ki Ageng Giring, anggota menemui seseorang berinisial AND yang berkendara secara ugal-ugalan hingga akhirnya pengendara tersebut dihentikan oleh petugas.

“Kami minta orang tersebut untuk mengeluarkan barang bawaannya, setelah diperiksa, ternyata dari dalam tasnya terdapat 29 butir pil berwarna putih yang diduga merupakan pil sapi/Trihexpenydil,” jelas Riko Sanjaya.

Atas dasar temuan tersebut, AND digelandang ke Polres Gunungkidul, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan, AND mengakui mendapatkan pil dari JAP (19), warga Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar.

“Kami segera melakukan penangkapan terhadap JAP, dari tangan JAP kami berhasil menyita 6 butir pil yang diduga jenis Trihexpenydil dan uang sebesar Rp 120.000,” beber Riko.

Riko melanjutkan, JAP diduga merupakan sindikat jaringan pengedar pil sapi/Trihexpenydil karena setelah dilakuakan pengembangan JAP mengakui mendapatkan barang terlarang tersebut dari orang lain.

“Kami terus melakukan pengembangan hingga akhirnya tertangkap, RAS (22) warga Pilangrejo, Nglipar dengan barang bukti 100 butir pil yang diduga Trihexpenidyl dan ASB (35) warga Catur Tunggal, Depok, Sleman dengan barang bukti 710 butir pil yang diduga dari jenis yang sama,” terangnya.

“Jika terbukti melanggar, pelaku akan dikenakan disangkakan dengan pasal 197 Jo Pasal 106 ayat (1) dan/atau pasal 196 Jo pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) UURI no.36 tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman lebih dari 5 tahun penjara,” pungkas Riko. (Santi)

Related Post