Dua Pengedar Pil Koplo Ditangkap Polisi

47 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dua pemuda berhasil berhasil dibekuk oleh Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Gunungkidul lantaran kedapatan mengedarkan pil koplo.

Kedua pemuda tersebut masing-masing GR, 22, warga Kecamatan Semanu dan KT, 22, asal Mlati, Sleman yang nekat menjual barang haram tersebut di wilayah Gunungkidul.

Keduanya dijerat dengan Pasal 196 dan atau Pasal 198 Undang-Undang No.36/2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman sepuluh tahun penjara.

Kepala Satreskoba Polres Gunungkidul AKP Tri Wibowo mengatakan, penangkapan tersangka GR dan KT bermula dari razia yang dilakukan petugas di wilayah Semin pada Kamis (8/11/2018) lalu. Di dalam operasi ini, petugas berhasil mengamankan dua pemuda yang membawa pil koplo. Setelah dilakukan pemeriksaan, keduanya mengaku mendapatkan obat keras ini dari GR yang berasal dari wilayah Semanu.

“Pembawa pil koplo tidak bisa dijerat hukum, tapi kalau pengedar atau penjual tanpa izin bisa dijerat,” katanya kepada wartawan, Selasa (13/11/2018).

Menurut Tri Wibowo, usai melakukan penyelidikan, tim langsung mengamankan GR beserta barang bukti 68 butir pil koplo, uang tunai Rp80.000 dan sebuah smartphone.

“Kita tangkap dan terus kita kembangkan dan mengarah ke pengedar di wilayah Mlati Sleman,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berbekal informasi dari GR ini, polisi langsung menangkap tersangka lain, yakni KT. Dari tangan tersangka berhasil mengamankan barang bukti berupa 480 butir pil koplo, uang tunai Rp2,5 juta dan satu unit smartphone.

“Keduanya sudah kita amankan dan menjalani pemeriksaan intensif,” katanya lagi.

Atas perbuatannya ini kedua tersangka dijerat dengan Pasal 196 dan atau Pasal 198 Undang-Undang No.36 /2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman sepuluh tahun penjara. (Heri)

Related Post