Dua Pompa Besar Bangkitkan Pertanian Di Patuk

407 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Patuk – Untuk terus mengembangkan sektor Pertanian, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui anggaran APBN membangun jaringan irigasi pompa dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier di Pedukuhan Kalinampu, Desa Pengkok, Patuk.

Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul,  Bambang Wisnu Broto mengatakan, melalui program Kementerian Pertanian ini pihaknya membangun rumah pompa dan bak penampungan sebagai penunjang sarana prasarana pertanian di Kecamatan Patuk.

“Ini dibangun dua unit dengan areal oncoran kurang lebih 20 hektare per unit,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (26/4/2017).

Ia menuturkan, besaran biaya per unit perpipaan setiap lokasi Rp80 juta diberikan melalui bantuan pemerintah berupa uang dan dibelanjakan secara swakelola oleh kelompok tani untuk dibangun jaringan perpipaan.

Ia berharap adanya jaringan perpipaan yang mengangkat air dari sumber air untuk dialirkan ke lahan, membuat petani bisa meningkatkan indek pertanaman padi paling tidak dua kali atau bahkan tiga kali per tahun.
Dengan pola tanam padi-padi-palawija atau padi-padi-padi bisa terjaga ketersediaan airnya sepanjang tahun.

“Di dua lokasi ini dimanfaatkan sumber air Sungai Oya, yaitu pemanfaatan Bendung Payaman Karangsari Semin dan Kali Oya di Pengkok Patuk,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengapresiasi kebiasaan masyarakat menyimpan bahan pangan, terutama gabah, sebagai cadangan pangan selama satu tahun. Hal itu, wujud semakin tingginya pengetahuan dan kesadaran dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Pemerintah daerah mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar dapat meningkatkan pemanfaatan pekarangan secara optimal, sehingga masyarakat akan lebih sejahtera lagi,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post