Dua Rumah Terancam Longsor Diberikan Bantuan Stimulan

430 views

Ilustrasi. Net

​Gunungkidulpost.com   – Wonosari – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul memberikan bantuan stimulan kepada dua rumah yang direlokasi karena terancam tanah longsor. 

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengatakan, pihaknya sudah melakukan relokasi atau pemindahan dua rumah warga milik kamsio dan wastoyo warga  dusun Klalar, Sumberjo, Ponjong dari lokasi yang rawan kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih aman. 

“Rumah mereka berada tepat dibawah tebing yang terus bergerak, kami pindahkan ke lokasi yang aman dari lokasi semula berjarak 300 meter,” katanya, Senin (9/1/2017).

Selain itu, potensi longsor juga bisa memutuskan jalan desa Sumberjo yang menghubungkan antar dusun setempat. 

“Seperti awal 2016 lalu, longsor memutuskan akses jalan penghubung antar desa,”ungkapnya.

Dengan anggaran yang minim, pihaknya hanya memberikan bantuan stimulan berupa bahan bangunan seperti pasir, semen dan triplek. Namun, pihaknya akan melaporkan kondisi ini ke pihak BPBD DIY agar mendapatkan bantuan dari propinsi, sehingga bisa dibangun rumah yang permanen.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, agar bisa mendapatkan bantuan yang lebih serta untuk perbaikan isnfrastruktur yang rusak akibat bencana bulan desember 2016 lalu,” tambahnya. (Heri)

Related Post