Dua Rumah Warga Terancam Longsor

163 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Dampak hujan lebat beberapa hari terakhir menyebabkan dua rumah terancam longsor di Padukuhan Karangsari, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk.
Salah seorang pemilik rumah, Riyanto mengatakan kejadian tersebut terjadi, Senin (22/1/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

Dia mengatakan khawatir jika nanti semakin parah. Melihat kondisi tanah rumahnya yang juga labil.

Ia mengatakan, akan tetap tinggal di rumahnya. Namun, jika nanti kondisi hujan dan berpotensi semakin parah, Riyanto tidak mau mengambil risiko dan akan mengungsi.

“Panjang talud sekitar 15 meter dan tingginya sekitar tiga meter ambrol kemarin sore,” ujar Riyanto, Selasa (23/1/2018).

Dia berharap agar pemerintah segera membantu memperbaiki talut di depan rumahnya.

Sebelumnya dia mengatakan kondisi talut di depan rumahnya memang sempat mengalami retakan-retakan. Diduga konstruksi dari talut tersebut tidak begitu baik. Rumah di samping rumah Riyanto yakni milik Lilik pun ikut terancam.

“Harapannya pemerintah segera membantu, karena kondisinya membahayakan. Jika memakai dana sendiri juga tidak mampu,” ujarnya.

Sementara itu, Salah seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Patuk, Brigadir Ibnu Nugraho mengaku, sejak pagi tadi petugas gabungan mulai melakukan evakuasi. Petugas dari Kepolisian, TNI, TRC, Tokoh masyarakat, dan warga setempat berhasil melakukan evakuasi talud yang ambrol akibat ujan lebat.

“Kami dibantu petugas gabungan berhasil membantu korban dengan nengevakuasi titik jebol talud tersebut,” tutupnya. (Heri)

Related Post